Kamis, 03 Juni 2010

Peralatan "perang"ku telah berganti ( breast feeding )

Halo Moms!!! salam Ibu!!!
Yang dulu peralatan perang sehari-hariku kertas, bolpoin, laptop, printer dan teh anget (hehehe..) sekarang sudah berganti 180 derajat!
Alat perangku sekarang adalah Alat-alat bantu meyusui :)
Kusebutin satu-satu ya (diluar dot bayi dan box buat menyimpan ASIP), Semoga bermanfaat bagi calon bunda buat siap-siap :

1. Manual breast pumps
Pompa PD ini berguna banget diawal menyusui dulu. Karena puting belum berbentuk dan kadang menyulitkan adik kecil, maka sebelum menyusui aku gunakan pompa ini untuk membentuk puting dan membuka kelenjar ASI (awal menyusui masih susah keluarnya) tapi begitu ASI keluar langsung disusukan ke adik.
Kalo sekarang, ASI sudah lancar keluar-nya jadi ku pergunakan kalo mo keluar rumah n nitipin adik bayi beberapa lama ditempat nenek-nya, tapi gak punya waktu buat memeras PD, kugunakan pompa untuk memeras agar cepat dapat banyak.

Kupunya merk Pigeon.

2. Breast shields
atau yang disebut milk cups. merk Avent. Bentuknya 2 mangkok transparan yang keras dan ringan. mangkok ditumpuk dan disipkan d bwh bra. Dulu aku beli untuk menampung asi yang terus menetes pada waktu adik berusia d bwh 1 bulan dan untuk melindungi putingku yang luka. Awalnya aku pakai breast pad, tapi puting yang luka kayaknya g mau kompromi dengan semua yang menempel. Sakit euy kalo kegesek ato hanya menempel. Jadi kugunakan mangkok ini agar puting tidak bergesekan dengan bra.

Setelah membaca buku "kiat sukses menyusui" ternyata fungsinya banyak banget. Selain yang aku sebutkan diatas jg bisa untuk mengkoreksi puting datar dan meningkatkan produksi asi. Dipakai ketika menginjak trisemester ketiga saat kehamilan. mula-mula dipakai setengah jam hingga 1 jam kemudian ditingkatkan lama pemakaian hingga 8-10 jam sehari. dan ketika melahirkan digunakan setengah jam sebelum waktu menyusui tapi ada catatan tidak boleh dipakai pada malam hari karena tekanan dapat membuat saluran susu tersumbat. Dan tidak boleh dipakai terus menerus dalam waktu yang lama serta dalam keadaan berbaring karena dapat memberikan rangsangan berlebih pada puting susu.

3. Nipple shields
Penyambung puting susu. Kugunakan ketika mastitis dulu. Karena ada pembengkakan PD yang amat sangat, putingku jadi datar dan sangat sakit ketika adik menyusu. Aku lupa merk-nya tapi aku beli yang murah-murah , sekedar nyoba-nyoba. Reaksi adik sih tetap semangat buat menyusu tapi kok aku jadi ngerasa aneh, jadi geli-geli gitu deh hehehehe Jadi kutinggalkan mending adik langsung aja menyusu, sakit-sakit gpp deh

4. Breast pads
Penyerap ASI yang ditaruh dibawah bra. Pertama menyusui memang asiku tumpah ruah. Kewalahan banget, baju jadi basah semua.
Aku coba breast pad merk pigeon, enak, kering, menyerap dengan bagus tapi ada kendala.. karena tumpah ruah gak karuan beberapa saat kalo penuh harus diganti. Sehari bisa berkali-kali ganti. Tekor dong hehehe
akhirnya aku beralih ke breast pad yang bisa dicuci merk avent.
bahan dari cutton, harga gak sampe 50rb dapet 6 biji, bisa dicuci, dipakai enak, nyaman, dan gak bikin tekor :)

5. Nursing cover
Penutup bagian dada ketika menyusui, berguna banget kalo menyusui adik ditempat-tempat umum. Setelah search di ol shop, ada 2 jenis nursing cover, ada yang bentuknya kayak celemek ada yang bentuknya kayak rok melingkar menutupi dada bagian depan sampe punggung. Aku pilih yang kedua. Thx to cabun Astari yang kasih aku Nursing Cover. thx thx buanget :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar